Dua Cara Menyetel Klep Motor

shares

Sesuai dengan judul artikelnya, kami bakal mengatakan satu per satu bagi tiap-tiap pembaca Dua langkah menyetel klep motor sesuai dengan kondisinya, sehingga tiap tiap yang melaksanakan penyetelan klep motor sadar dan sadar tehnik langkah menyetel klep yang benar dan pas dengan melihat keadaan atau keadaan motor saat menyetel klep motor tersebut.

Bagi pemilik bengkel motor, tersedia dua hal penting yang harus selalu di perhatikan sebelum saat kita menyetel klep pada sepeda motor tersebut, gara-gara kecuali kita tidak sadar hal ini maka otomatis kita tetap belum menjiwai langkah kerja pada sepeda motor tersebut.
kami bukan menyombongkan diri atau sok pintar, tapi kami sebenarnya benar- benar mengharapkan tambahan ilmu yang benar sehingga tidak bingung dalam langkah menyetel klep motor sehingga pas dan pas dalam penyetelan klep pada motor tersebut, dan aku beritahukan hingga selagi ini tetap sering aku melaksanakan dengan lihat keadaan motor layaknya apa dengan melaksanakan keliru satu berasal dari dua langkah menyetel klep motor sesuai dengan kondisinya.

Baca Juga : 10 Cara Merawat Knalpot Motor Agar Tetap Awet

Apabila selama ini anda masih ragu, penasaran dan menanyakan apa saja lebih kurang dua langkah menyetel klep motor sesuai dengan kondisi motor dan melakukan penyetelan ini berlaku untuk motor apa saja? Jangan khawatir kami akan menjelaskan di bawah ini mengenai dua langkah menyetel klep motor untuk menyingkirkan rasa ingin tau anda.

Ada dua cara menyetel klep motor yang tepat dan pas dengan melihat kondisinya

Dua langkah berikut adalah bagaimana menyetel klep pada motor yang tetap baru pemakaiannya dan bagaimana menyetel klep pada motor yang sudah lama pemakaiannya, Baiklah aku bakal jelaskan satu per satu, antara lain:

1. Cara Menyetel klep pada motor yang masih baru pemakaiannya.

Menyetel klep pada motor yang tetap baru pemakaiannya pasti kita melakukannya dengan menyetelnya pada posisi Top, maksudnya layaknya ini kita segera pada prakteknya saja dalam tahap awal sudi menyetel klepnya: 

  • Buka tutup klep motor berikut atas dan bawah 
  • Buka tutup yang tersedia di bak magnit, itu umumnya tersedia di bagian sedang bak magnit dan juga dibagian atas bak magnit motor, bentuknya bulat, besar dan kecil dan bukanya gunakan obeng biasa. 
  • Setelah terbuka posisikan Piston pada posisi TMA (titik mati atas) dan Noken as pada posisi netral, caranya putar magnit dengan berlawanan arah jarum jam dengan sambil mengamati atau lihat silinder atas dalam arti piano klep pada posisi menghimpit tiang klep, pada proses putaran piano klep menghimpit tiang payung klep usahakan piano klep menghimpit tiang klep bagian api terutama dahulu atau klep yang mengarah ke knalpot, lantas putar ulang magnitnya hingga piano klep menghimpit tiang payung klep atas yakni klep minyak dan lantas lihat posisi Tanda TOP yang di magnit umumnya tersedia garis disebelah huruf "T" itu artinya Posisi Piston pada TMA dan Noken As Posisi netral, aku harap anda sudah sadar semua ya!! 
  • Kemudian cobalah di goyang klepnya kiri kanan dan atas bawah, kira kira kecuali agak longgar cobalah di kencagin dengan mengendorin baut stelan klep dan memutarkan baut stelan klep untuk memposisikan jarak yang sesuai, usahakan tersedia selah prey sedikit gara-gara kecuali baut stelan klepnya terlalu menghimpit tiang klep maka bisa saja motor berikut susah hidup gara-gara kompresinya bocor atau payung klep sudah terbuka duluan. 
  • Ukuran kecuali kita Mengenakan alat ukur Fuller adalah pada motor Bebek 0,03 s/d 0,05 mm dan untuk motor sport 0,07 s/d 0,10 mm dan untuk motor Satria FU ukurannya 0,10 s/d 0,15 mm dan di fuller berikut tersedia keterangan mengenai ukuran mm nya. 
  • Itulah langkah menyetel klep pada motor yang tetap baru pemakaiannya dan aku rasa pas untuk dilaksanakan pada motor yang sepenuhnya baru atau motor berikut baru berkisar umur setahun paling lama. 

2. Cara Menyetel Klep pada motor yang sudah beberapa tahun pemanfaatan atau sudah lama

Pada langkah menyetel klep motor yang lebih kurang umur 3 tahun keatas, aku menyetel klepnya tidak melakukannya dengan memposisikan pada posisi TOP layaknya yang di atas gara-gara tidak bakal prima hasilnya, gara-gara sepenuhnya alat-alat mesin layaknya noken as dan piano klep berkemungkinan sudah haus di makan oleh selagi menjadi terlalu tidak layak kecuali kita stel klep dalam posisi TOP, Berikut Tips penyetelan klep pada motor yang lama, antara lain:

  • Setelah di membuka tutup klep pada motor, selanjutnya kita masuk ke langkah menyetel klepnya yakni Stel Curi atau stel maling. 
  • Putar magnit berlawanan arah jarum jam dan posisikan piano klep menghimpit keliru satu tiang payung klep pada motor berikut dan kecuali saat kita memutar magnit klep api dalam posisi terbuka maka stel klep minyaknya dan kecuali saat kita memutar magnit piano klep dalam posisi menghimpit tiang klep bagian klep minyak yang arah ke karburator maka yang di stel klepnya adalah klep api dan mengatur jarak kerenggangannya sehingga enteng hidup dengan arti jangan kekencangan, 
  • Dan lihat hasilnya, pasti suaranya bakal menjadi halus ulang dan nada tik-tik-tik-tik bakal hilang.

Artikel Terkait

0 Komentar:

Post a Comment