Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati

shares

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati atau Soak - Sebenarnya aki kering motor bisa kita perbaiki sendiri. Menemukan trik memperbaiki aki kering yg telah mati pastinya dapat jadi keuntungan bagi costumer motor ataupun kendaraan beroda empat di mana sekarang lebih banyak didominasi sudah memakaiaccu tipe kering yg di sebut pula dgn MF Battery (Maintenance Gratis). Artinya , type aki ibarat ini benar-benar bebas perawatan lantaran tak lagi memerlukan pengisian air accu ataupun zuur dengan cara wajib & berkala. diluar itu , peletakannya pula bebas mau diposisikan tegak ataupun miring tidak mau jadi masalah.

Kelebihan memanfaatkan aki MF ialah lebih bisa berkukuh & mempunyai performa yg amat tinggi dikarenakan menggunakan separator husus & grid yg tahan kepadakorosi. Dgn harga yg sedikit lebih mahal dari type aki berair , alasannya ialah itu bakal lebih baik jikalau kita menggali ilmu kiat memperbaiki aki kering yg soak atau telah lemah biarmampu lebih berhemat. Diwaktu ini dapat dibilang nyaris semua peralatan elektronik semenjak mulai dari lampu emergency hingga sitem elektrikal kendaraan beroda empat ataupun motormenerapkan aki MF juga sebagai penyimpan & penyuplai tegangan DC nya.

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati atau Soak_
image source: blog.indometalgoth.com
baca juga: Cara Membuat Motor Menjadi Lebih Irit Dengan Mudah

Sebelum mengawali praktek trik memperbaiki aki kering yg tekor , semoga apalagi dulu mempersiapkan sekian banyak materi & media utk perlengkapannya.

  • Air aki (zuur). Pastikan kau membeli bersama benar ialah air yg rata-rata dibutuhkan utk isikan aki gres , bukan air penambah cairan aki.
  • Obeng (-) atau pencukit yg mengijinkan utk dimanfaatkan yang merupakan pembuka cover sektor atas aki kering.
  • Suntikan tinta printer atau jarum suntik buat memasukkan air zuur kedalam box aki.
  • Siapkan kain lap utk berjaga jaga seandainya ada cairan yg menetes atau tumpah.


Berikutnya Cara Memperbaiki Aki Kering

  1. Mula-mula , siapkan aki kering yg bakal diperbaiki & usahakan dibersihkan apalagi dulu dari kotoran abu yg menempel terhadap bodi aki memanfaatkan air hangat supayakotoran dapat dgn enteng terlepas.
  2. Buka penutup atas dgn obeng minus dengan cara paksa tetapi mesti hati hati jangan ada bidang yg robek atau pecah. Umumnya tutup merekat dgn kuatsebab dari pabrik telah di lem buat mencegah kebocoran.
  3. Sesudah terbuka , dapat kau dapatkan tutup mungil dari karet bundar kebanyakan terdapat 3 buah tutup utk aki ukuran mungil & sanggup lebih tidak sedikit buat ukuran aki dgn ampere yg akbar.
  4. Siapkan air zuur kedalam suntikan & kau sanggup semenjak mulai memasukkan cairan zuur terhadap tiap-tiap lubang yg ada dengan cara hati hati dgn ukuran maksimal 1centi meter di bawah lubang janganlah terlau penuh.
  5. Tutup kembali lubang & pastikan sudah terturup bersama rapat janganlah ada indikasi kebocoran atau merembas.
  6. Posisikan penutup body terhadap kedudukan semula hingga kelihatan rapi & rapat. Apabila lantaran proses mengakses yg tadinya dengan cara paksa sudah memunculkankelonggaran , kau sanggup memberinya lem plastic (lem tembak) utk mempermudah melekatkannya dengan cara sempurna.
  7. Aki kering telah siap utk dilakukan CHARGER buat pengisian tegangan bersama kiat menghubungkan terhadap motor atau kendaraan beroda empat yg telah bisa menyala (JUMPER) supayaaki yg gres diperbaiki ini memperoleh tengangan inject awal sbg starter. Ada pilihan lain ialah bersama lakukan pengecasan memakai trafo cas (Charger Transformator)utk pengisian awal yg lebih segera.
  8. Kamu sanggup laksanakan pengecekan apakah aki telah mempunyai muatan tegangan , seandainya telah , kau bisa cepat memasang kembali kepada kendaraan beroda empat ataupunmotor yg di kehendaki seterusnya jalankan starter utk menyalakan mesin. Jikalau mesin sudah sukses di nyalakan , biar dibiarkan kepada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit buat menyesuaikan tegangan isikan aki bersama stabil.


Sampai kepada step terakhir tersebut , artinya kau sudah sukses melakukan trik memperbaiki aki kering yg soak buat sepeda motor atau kendaraan beroda empat dgn gampang & sesuai.

Sekedar tata cara jikalau kau membeli aki kering supaya memperhatikan & mendalami isyarat angka yg terdapat kepada sektor atas bodi aki. Kode tersebut yaitu catatan awal pengecasan aki yg diberikan oleh pabrik. Contohnya 15.9.11 berarti aki tersebut sudah di cas mula-mula kali oleh pabrik terhadap tanggal 15 bln 9 th 2011. Menjadidgn begitu kau sanggup mengetahui bahwa telah berapa lama umur aki yg bakal kau beli. Menjadi umpamanya kau membeli aki dgn isyarat yg sudah melintasi umur 4bln semenjak awal pengisian , pastikan kau laksanakan pengecasan lebih-lebih dulu sebelum kau pakai , biar tegangan sanggup terisi penuh dengan cara maksimal. Mudah-mudahan berguna.

List Harga Aki Kering

  • GS PREMIUM GTZ5S - Rupiah 150.000 ,-
  • YUASA YT7-C (YB5L-B) - 12 V , 6 Ah - Rupiah 170.000 ,-
  • YUASA YTZ5-S - 12 V , 3.5 Ah - Rupiah 205.000 ,-
  • G-FORCE GTZ7-S / YTZ7-S - 12 V , 5 ,5 Ah - Rupiah 225.000 ,-
  • G-FORCE GM7A-4B / YTX7A-BS - 12 V , 6 Ah - Rupiah 235.000 ,-
  • YUASA YTZ6-V - 12 V , 5 Ah - Rupiah 245.000 ,-
  • G-FORCE GM9-4B / YTX9-BS - 12 V , 8 Ah - Rupiah 290.000 ,-
  • G-FORCE GM12-BS / YTX12-BS - 12 V , 10 Ah - Rupiah 375.000 ,-
  • G-FORCE GM14-BS / YTX14-BS - 12 V , 12 Ah - Rupiah 420.000 ,-
  • YUASA YTX7L-BS - 12 V , 6 Ah - Rupiah 440.000 ,-


Utk gosip list harga aki yg lebih kumplit klik disini.

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati

Penyebab Kerusakan Aki Kering

Baik aki kering ataupun aki berair bekerjsama masih memerlukan perawatan. Dimaksudkan disini merupakan perawatan aki dalam demam isu penggunaan pun trickmemperlakukannya utk meraih umur gunakan yg lebih lama atau awet. Umpamanya buat motor ataupun kendaraan beroda empat , bila dalam ketika yg lama mesin jarang sekali dinyalakan , inidapat juga menjadikan aki segera drop lantaran suply pengisian kurang maksimal. Utk menjaga supaya aki lebih infinit , biarpun ga ada aktifitas berkendara , sebaiknyamasih diberikan pemanasan mesin setidaknya 2 hri sekali kurang lebih 15 menit.

Menjaga kebersihan aki pun bakal menawarkan manfaat yg baik buat umur gunakan. Dgn rajin membersihkan body juga SEL aki , dapat menghindarkan dari penumpukan material (kerak) yg bisa jadi pun bakal bakal menjadikan pertalian arus pendek maka aki enteng soak & lekas mati.

Senantiasa periksa keadaan sekering (fuse) yang merupakan pengaman kelistrikan kendaraan beroda empat & motor. Sekering ini teramat mutlak lantaran dapat menawarkan keamanan utkaki jikalau berlangsung konsleting terhadap rangkaian elektronik mesin serta lampu lampu kendaraan kamu.

tags: cara memperbaiki aki kering yang mati , cara memperbaiki aki kering gs , cara memperbaiki aki kering yang soak , cara merawat aki kering motor , cara memperbaiki aki kering ups , cara memperbaiki aki kering kendaraan beroda empat , cara memperbaiki aki berair , cara memperbaiki aki kering yuasa

Artikel Terkait

0 Komentar:

Post a Comment