Mesin Motor Injeksi Tiba-Tiba Mati Lakukan Cara Ini

shares

Mesin Motor Injeksi tiba-tiba mati Lakukanlah cara Ini!  Perkembangan teknologi tertutama di bidang industri otomotif mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Ini ditandai dengan hadirnya jenis-jenis sepeda motor yang mengalami banyak perubahan dari segi body maupun mesin. Pada sektor desain body mungkin hanya beberapa tambahan stiker atau pola dari body motor yang selalu diubah-ubah sehingga kelihatan menarik. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa pabrikan sepeda motor agar produk yang buatnya laris manis. Pada sektor mesin sendiri terjadi perubahan yang signifikan yakni sepeda motor sudah dibekali dengan mesin injeksi. Namun sebelum perkembangan teknologi injeksi sepeda motor menggunakan sistem karburator.  

sistem bahan bakar

Apa itu Mesin Injeksi ?

Terkadang kita sering mendengar tentang motor injeksi, tapi apa anda sudah mengetahui apa itu mesin injeksi? Injeksi adalah sebuah metode yang digunakan untuk mencampurkan antara udara dan bahan bakar pada mesin motor sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna. Untuk mendukung pembakaran yang lebih sempurna dibutuhkan sebuah kesatuan komponen penyusun yang dipasang pada mesin injeksi. Pada postingan berikutnya saya akan menjelaskan mengenai jenis-jenis komponen yang ada pada mesin injeksi beserta fungsinya.

Sistem injeksi yang dipasang pada mesin motor menggunakan perangkat yang dinamakan Injektor. Fungsi dari alat ini yakni menyemprotkan bahan bakar di dalam ruang silinder sehingga pembakaran lebih sempurna dan irit. Cara kerja injektor hampir mirip dengan suntikan, dimana hanya menyemprotkan bahan bakar yang akan digunakan saja. Jadi pada prinsipnya Injektor akan membuat pemakaian bahan bakar lebih irit karena injektor akan menyuplai bensin jika dibutuhkan dalam keadaan gas rendah atau tinggi. Teknologi dari mesin injeksi adalah perbaikan dan penerus dari sebuah sistem karburator yang sebelumnya digunakan pada sepeda motor. 

Sebuah teknologi yang diciptakan oleh manusia pasti akan ada dampaknya baik itu kelebihan atau kekurangan. Begitu juga pada sebuah mesin injeksi walaupun pada prinsipnya sistem injeksi diciptakan agar pemakaian bahan bakar lebih irit dan ramah lingkungan tetapi ada saja kekuranganya. Motor injeksi yang sering di keluhkan oleh para pengendara biasanya mesin motor injeksi tiba-tiba mogok atau mati total dan terkadang sulit untuk dihidupkan kembali.

Kejadian mesin motor injeksi tiba-tiba mati sering dialami motor jenis matic seperti Honda Beat F1 dan juga sering dialami pada jenis motor sport Yamaha Fixion. Kedua jenis motor ini sering dikelukan oleh pengendara karena beberapa sebab yang beragam. Namun kalau kita pikir ulang memang kedua jenis motor Honda Beat F1 dan Yamaha Fixion merupakan motor yang banyak digunakan oleh masyarakat. Istilahnya kedua jenis motor ini adalah motor sejuta umat.. hehehe. Oleh sebab itu wajar saja kalau akan ada kerusakan yang bisa ditimbulkan dari pemakaian sistem injeksi pada kedua jenis motor ini. 

A.  Bagaimana Cara mengatasi mesin injeksi tiba-tiba mati?

Hal pokok yang menjadi masalah biasanya terletak pada perawatan sepeda motor itu sendiri dimana jika kita menggunakan motor mesin karburator dengan mesin injeksi sangat jauh berbeda. Perawatan motor injeksi harus melalui cara yang benar serta prosedur yang baik. Ini dikarenakan motor injeksi sudah menggunakan sistem digital dan jenis elektronik yang rumit sehingga penanganannya tidak boleh sembarangan.  Berbeda dengan karburator yang pemeliharaannya tidak terlalu sulit karena penggunaan mesin dengan sistem karburator masih secara manual. 


Apabila motor injeksi anda tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan kembali, maka anda harus mempelajari terlebih dahulu cara dan perbaikan apa saja yang harus anda lakukan. berikut ini saya akan bagikan penyebab motor injeksi tiba-tiba mati dan cara memperbaikinya:

Lakukan cara ini apabila mesin motor injeksi tiba-tiba mati

  1. Memeriksa Bahan Bakar. Hal pertama yang anda harus lakukan yakni periksa terlebih dahulu bahan bakar, bisa cek melalui panel instrument yang ada di dashbord motor dengan mengaktifkan kunci kontak. Jika motor tidak bisa di "on"kan langsung saja buka tangki motor dan periksa bahan bakar, apa masih ada bensinnya atau memang tangki lagi kosong.
  2. Periksa Penggunaan Aki. Apabila bensin ternyata masih ada, anda harus mengecek kembali panel yang ada di dasbord motor dengan mengaktifkan kunci kontak motor. Sesaat anda mengaktifkan kunci kontak periksa juga lampu sein, klakson dan lampu utama apakah masih bisa berfungsi. Ini dilakukan agar kita dapat mengetahui apakah aki masih berfungsi atau tidak, bisa saja aki motor anda sudah soak. Jika aki motor kita sudah soak maka dipastikan motor tidak bisa dinyalakan walaupun dilakukan dengan manual dengan kick starter. Penggunaan kick starter tidak akan menghidupkan mesin motor karena sistem injeksi memerlukan sistem kelistrikan yang memadai dari aki.
  3. Periksa Busi Motor. Jika langkah satu dan dua tidak ada masalah, anda harus memeriksa juga pada penggunaan busi motor. Kebanyakan motor tiba-tiba mati dikarenakan busi motor sudah tidak layak digunakan. Kemungkinan juga busi terkena air ataukah terkena percikan oli sehingga tidak ada pengapian pada ruang bakar.
  4. Periksa Sekring (Fuse). Pemeriksaan selanjutnya terletak pada fuse (sekring ) yang terpasang pada bagian dalam motor. Apabila sekring ternyata putus anda harus menggantinya. 
Setelah anda mengetahui cara yang dapat dilakukan saat mesin motor Injeksi tiba-tiba mati berikutnya saya ingin membagikan beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan mesin motor injeksi.

B.  Kelebihan Mesin Motor Injeksi

Mesin motor yang menggunakan sistem injeksi memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan dibandingkan mesin yang masih menggunakan sistem karburator. Berikut ini beberapa ulasan yang dapat saya berikan:

  1. Penggunaan BBM lebih irit
    Sepeda motor yang telah mengadopsi teknologi injeksi akan mengutamakan pemakaian bakan bakar/BBM yang lebih irit. Ini terjadi karena pada sistem pengapian dan pembakarannya sudah dilakukan dengan sempurna. Artinya saat pencampuran udara dengan bensin perbandingannya akan seimbang. Dengan adanya pembakaran yang sempurna akan berpengaruh juga dengan penggunaan BBM karena asupan bahan bakar akan habis digunakan di dalam ruang bakar dan tidak akan ada yang terbuang percuma pada saluran buang (katup buang). Proses ini terjadi karena fungsi injektor yang telah disetting dalam sebuah pemrograman sesuai standar pabrikan masing-masing sepeda motor. Penyesuaian komsumsi bahan bakar yang lebih baik disebabkan oleh  penyetelan ECM pada sistem injeksi yang telah di pasang pada sepeda motor.
  2. Pembakaran Jauh Lebih Sempurna
    Penggunaan sistem injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih sempurna. Hal ini terjadi karena pengontrolan dari perangkat eletronik sudah sangat baik dalam menganalisa pemakaian bahan bakar. Sistem elektronik yang dipasang pada motor injeksi mampu menyesuaikan kebutuhan komsumsi BBM dengan kondisi udara yang ada disekitar. Sensor udara yang terpasang akan mendeteksi secara otomatis suhu yang hendak dicampur dengan bahan bakar pada motor.
  3. Penyetelan AFR Otomatis Terkontrol
    Pemakaian AFR (Air Fuel Ratio) pada mesin sistem karburator sering mengalami perubahan dari segi pengaturan karena sering terjadi getaran dari bagian mesin motor. Pengaturan dari AFR sangat mempengaruhi kualitas asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Maka jika terjadi perubahan dari settingan AFR akan mengakibatkan penurunan kualitas karburator dalam menyuplai bahan bakar ke ruang bakar. Mesin motor injeksi sudah dilengkapi dengan pengaturan AFR secara otomatis dari perangkat elektronik yankni sistem komputer ECM (Electronic Control Module). Sistem ECM yang terpasang pada mesin injeksi telah disetting dan dikonfigurasi dengan baik oleh setiap pabrikan sepeda motor. Jika terjadi goncangan ataupun getaran maka pengaturan dari perangkat elektronik akan menyesuaikan kembali ke posisi semula. Ini sama hal jika ada perubahan maka komputer ECM akan melakukan reset. 
  4. Kemudahan Service Motor
    Melakukan perawatan secara berlaka pada motor mesin karburator, kita akan membongkar bagian karburator. Ini sering dilakukan saat melakukan servis berkala dan pembongkaran komponen karburator sangat merepotkan mulai dari pembongkaran body samping motor. Tetapi pada motor injeksi hanya perlu  menyemprotkan injektor cleaner pada bagian lubang besi. 

C.  Kelemahan Mesin Motor Injeksi

Di samping kelebihan dan keunggulan yang dimiliki mesin injeksi, ternyata  terdapat juga kelemahan dari teknologi motor injeksi. Berikut ini ulasan yang dapat saya berikan:

  1. Kesulitan Service di Bengkel Jalanan
    Walaupun mesin injeksi memiliki kelebihan, terdapat juga kekurangan dari segi perawatan alias service berkala. Ini dapat terjadi karena tidak semua bengkel jalanan atau bengkel umum mampu mengotak-atik perngakat elektronik yang tertanam pada mesin injeksi. Kalau kita pikir ulang para montir di bengkel jalanan tidak didukung dengan peralatan yang memadai dan juga skill dan pengalaman dalam memperbaiki mesin injeksi masih terbilang kurang. Oleh sebab jika terjadi kerusakan seperti mesin motor injeksi tiba-tiba mati maka kita akan mengalami kerepotan.
  2. Harga Komponen Injeksi Mahal
    Kelemahan selanjutnya terletak pada komponen pendukung injektor yang jika mengalami kerusakan dipastikan harnga akan sedikit meroket alias mahal. Penggunaan teknologi injeksi ini akan berperngaruh dari kualitas yang ditawarkan pada setiap motor. Dengan demikian jika terdapat kerusakan maka harga yang ditawarkan untuk mengganti perangkat ECM tidak akan semurah jika menggunakan sistem karburator.
  3. Tidak dapat melakukan Modifikasi
    Sistem karburator yang ada pada sepeda motor gampang dilakukan perubahan berupa modifikasi dan bertukar-tukar pemakaian karburator. Artinya sistem karburator dapat ditukarkan dengan jenis karburator yang lain asalkan peletakan cocok dengan motor yang akan dilakukan perubahan. Namun mesin injeksi tidak seperti mesin karburator yang dapat melakukan modifikasi. Jika terjadi kerusakan maka sistem ECM harus di setel ulang ataukah diganti dengan modul yang baru. Penggantian sistem elektronik pada mesin injeksi memerlukan biaya yang cukup mahal.
Dari kesemua yang dapat saya bagikan mengenai cara yang dilakukan jika mesin motor injeksi tiba-tiba mati semoga dapat memberikan solusi yang baik. Serta bagaimana kita dapat merawat kembali kendaraan kesayangan kita agar tetap tampil prima dan tidak menimbulkan masalah dalam setiap perjalanan kita.

0 Komentar:

Post a Comment